Hadirnya Kartu Bekasi Sehat

http://www.bekasikota.go.id


Kota Bekasi memiliki 31 Puskesmas yang tersebar diwilayahnya[15]. Selain itu kota Bekasi juga menluncurkan Kartu Bekasi Sehat (KBS) yang dibagikan kepada warga yang tidak mampu[16]. Selain itu ada beberapa rumah sakit besar di kota Bekasi seperti Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi[17] dan Rumah Sakit Mitra Keluarga

Pemerintah Kota Bekasi mempersiapkan 120 lembar Kartu Sehat sebagai bentuk pelayanan kesehatan bagi warga tak mampu.

Kartu Sehat yang akan diluncurkan pada 20 Mei ini masih dalam tahapan validasi data agar tepat sasaran saat dibagikan nanti.

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengatakan, validasi data yang dilakukan hingga ke tingkat RT/RW ini mutlak dilakukan.

Sebab untuk menentukan penerima Kartu Sehat, Pemkot Bekasi mengambil data warga miskin dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi.

"Berdasarkan data BPS, warga miskin di Kota Bekasi mencapai 383 ribu. Karena dari jumlah tersebut ada yang telah menerima kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Jawa Barat, kriteria penerima Kartu Sehat kami persempit agar tak terjadi tumpang tindih, alias satu orang menerima beberapa kartu," kata Syaikhu, Minggu (7/4).

Untuk Kartu Sehat, Pemkot Bekasi mengurangi dua dari total 14 kriteria warga miskin versi BPS. Kemudian, penghasilan kepala rumah tangga minimal Rp 1.500.000.

"Dengan modifikasi tersebut, didapati 120 ribu warga yang masuk kriteria penerima Kartu Sehat. Meski demikian, data itu tetap harus divalidasi faktual supaya tidak salah sasaran," katanya.

Validasi faktual yang dilakukan, diharapkan Syaikhu mampu menghasilkan data akurat. Dengan demikian, semua warga miskin telah terjamin layanan kesehatannya, sehingga penerbitan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) tak perlu lagi dilakukan.

Lebih lanjut Syaikhu mengatakan, layanan Kartu Sehat ini berbeda dengan Kartu Bekasi Sehat yang diluncurkan Pemkot Bekasi beberapa bulan lalu.

Kartu Bekasi Sehat hanya melayani rawat jalan di Rumah Sakit Jatimulya Medical Center, di mana seluruh pembiayaan pengobatan ditanggung rumah sakit bersangkutan.

Adapun layanan Kartu Sehat bisa dipergunakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi dan 33 rumah sakit lain yang telah bekerja sama dengan Pemkot Bekasi. Tak hanya rawat jalan, rawat inap pun turut menjadi bagian pelayanan.

"Untuk pembiayaan layanan kesehatan ini disiapkan dana sekitar Rp 18 miliar dari APBD Kota Bekasi tahun 2013," katanya.

sumber: 
www.pikiran-rakyat.com

Posting Komentar