Pembagian Administratif Wilayah Kota Bekasi



Kecamatan di Kota Bekasi adalah:

1. Bantar Gebang

Bantar Gebang adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terbagi menjadi 4 kelurahan yang meliputi :
  1. Kelurahan Bantargebang : luas 406,244 Ha
  2. Kelurahan Cikiwul : luas 525,351 Ha
  3. Kelurahan Ciketing Udik : luas 568,955 Ha
  4. Kelurahan Sumur Batu : luas 343,340 Ha
Visi dari kecamatan ini adalah Unggul dalam bidang agribisnis, industri, dan pengolahan limbah yang bernuansa ikhsan. Sumber mata pencaharian masyarakat Bantar Gebang terdiri dari bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan termasuk perdagangan.[2] Mayoritas masyarakat Bantar Gebang berprofesi sebagai buruh, kecuali di kelurahan Sumur Batu yang didominasi oleh petani karena banyaknya sawah.


2. Bekasi Barat 

Bekasi Barat adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan Bekasi Barat berbatasan dengan Kecamatan Medan Satria di sebelah utara, Kecamatan Duren Sawit dan Cakung, Jakarta Timur di sebelah barat, Kecamatan Bekasi Selatan di sebelah timur, dan Kecamatan Pondok Gede di sebelah selatan.


3. Bekasi Selatan

Bekasi Selatan adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
4. Bekasi Timur
Bekasi Timur adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Di wilayah ini antara lain terdiri atas 4 kelurahan .

Letak Bekasi Timur terbentang mulai Pintu Gerbang Tol Timur sampai dengan Kantor Kecamatan Bekasi Timur yang berdekatan dengan Rumah Sakit Umum Mekar Sari.


5. Bekasi Utara

Bekasi Utara adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Proyek pembangunan Kota Summarecon Bekasi berada sebagian di kecamatan ini.

6. Jatiasih

Jati Asih adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jati Asih berbatasan dengan Kecamatan Bekasi Selatan di sebelah utara, Kecamatan Pondok Gede di sebelah barat, Kecamatan Rawa Lumbu di sebelah timur, dan Kecamatan Jatisampurna dan Gunung Putri di sebelah selatan.


7. Jatisampurna
Jatisampurna adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.


8. Medan Satria

Medan Satria adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kecamatan ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi di sebelah utara, Kecamatan Cakung di sebelah barat, Kecamatan Bekasi Utara di sebelah timur, dan Kecamatan Bekasi Barat di sebelah selatan.

Di sini terdapat Perumahan Kota Harapan Indah yang dikenal elit. Letaknya dekat dengan JORR, sehingga memudahkan akses ke Jakarta Timur, Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dan Jakarta Selatan. Pintu entrance dan exit tol Cakung Selatan adalah jalan masuk dan keluar JORR yang terdekat dari Harapan Indah.


9. Mustika Jaya

Mustika Jaya adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Kelurahan-kelurahan di kecamatan ini adalah:
Kelurahan Mustikajaya Kelurahan ini bersebelahan dengan Desa Lambang Sari, wilayah Kabupaten Bekasi, tempat komplek Perumahan Elite Kota Legenda berada. Di komplek Kota Legenda yang berjajar di sepanjang Jalan Raya Lambang Sari - Mustika Jaya, beberapa perumahan yang termasuk kelompok Kota Legenda, adalah komplek Dukuh Zamrud, Dukuh Bima, dan komplek Grand Wisata yang mempunyai akses gerbang tol tersendiri ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek.

10. Pondok Gede

Pondok Gede adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Awalnya Pondok Gede merupakan kecamatan super-luas. Mencakup wilayah yang sekarang menjadi Kecamatan Jatiasih, Jatisampurna dan Pondok Melati.

Pondok Gede merupakan kawasan perbatasan antara DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. Pondok Gede adalah salah satu gabungan dari wilayah Pondok Melati, Jatiwaringin, Jatiwarna, Jatiasih, Jatimakmur, Jatibening, Jatikarya dan sebagian wilayah Jakasampurna.


11. Pondok Melati

Pondok Melati adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia yang merupakan pemekaran dari kecamatan, Jatisampurna.

Di wilayah kecamatan ini terdapat daerah kampung sawah yang cukup dikenal dengan kerukunan umat beragamanya. Hal itu ditunjukkan dengan adanya gereja katolik, gereja kristen pasundan, dan masjid yang letaknya saling berdekatan, dan didukung dengan warga yang mampu menjaga toleransi.

Akses menuju wilayah kecamatan ini semakin mudah dan terbuka sejak adanya tol lingkar luar jakarta, melalui gerbang tol Jatiwarna.


12. Rawalumbu

Rawa Lumbu adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Posting Komentar